TOPIK : PENGUATAN
TRANSISI PAUD-SD1 Di Awal Tahun Ajaran Baru
MODUL 1
Latihan Pemahaman Pentingnya Transisi PAUD S
Berikut yang bukan merupakan perubahan PAUD dan SD di tahun ajaran 2023 dan 2024?
A.
PAUD
dan SD melakukan asesmen awal.
B.
Pembelajaran
di SD yang tidak diperbolehkan calistung
C.
PAUD
dan SD memberikan pembelajaran yang membangun fase pondasi
D.
Penerimaan
Siswa Baru tidak melakukan tes calistung
Jawaban : B
Berikut manakah yang merupakan konsep kesiapan sekolah?
A.
Kemampuan
baca tulis hitung hanya dilakukan melalui pengenalan keaksaraan dan angka
B.
Anak
diharapkan mencapai kesiapan bersekolah di usia 6 tahun (sebelum masuk SD)
C.
Anak
sudah harus dapat baca tulis hitung saat masuk di SD.
D.
Kesiapan
bersekolah tidak hanya kemampuan baca tulis hitung
Jawaban D
Latihan pemahaman Pemenuhan Hak Anak PAUD SD
Dampak yang kita harapkan dari gerakan Transisi PAUD-SD adalah
A.
Menunjukkan
bahwa anak yang pernah mengikuti PAUD memiliki kesiapan lebih baik di SD.
B.
Setiap
anak, di manapun titik berangkatnya, dapat dibina kemampuan fondasinya.
C.
Guru
dapat mencermati apakah anak sudah termasuk “siap” atau “belum siap”
bersekolah.
D.
Usaha
untuk menyamakan kemampuan anak sebelum masuk ke SD
Jawaban : B
Siapa yang bertanggung jawab agar anak memiliki kemampuan-kemampuan fondasi?
A.
Anak
itu sendiri
B.
Masyarakat
di sekeliling anak
C.
Dinas
terkait
D.
Orang
tua dan satuan pendidikan
Jawaban : D
Latihan Pemahaman Kebijakan Penguatan Transisi PAUD SD
1.
Dalam
kebijakan Merdeka Belajar Merdeka Bermain, terdapat strategi yang digunakan
dalam gerakan transisi PAUD SD, yaitu...
A.
Dukungan
dinas terkait dan pengaatan komunitas
B.
Menyelaraskan
modul literasi dan numerasi untuk SD kelas 1
C.
Penguatan
PAUD dan keselarasan pembelajaran PAUD SD
D.
Evaluasi
internal dan evaluasi eksternal institusi paud
Jawaban : C
2.
Apa
yang dimaksud dengan penguatan ekosistem dalam keselarasan pembelajaran
PAUD-SD?
A.
Terbentuknya
forum komunikasi PAUD-SD di 204 kab/kota.
B.
Adanya
modul sumber belajar mandiri untuk guru PAUD dan guru SD.
C.
STPPA
dan SKL SD dibangun dalam satu lajur perkembangan.
D.
Kurikulum
dan buku teks kelas 1 SD sudah disederhanakan.
Jawaban : A
Postes
1.
Bu
Widya adalah guru TK B. Di awal semester Bu Widya ingin mempersiapkan
murid-muridnya agar siap sekolah. Bu Widya resah karena beberapa murid belum
bisa membaca. Apa yang seharusnya Bu Widya lakukan untuk kesiapan bersekolah?
A.
Memperbanyak
kegiatan menulis dan membaca di kelas
B.
Menyarankan
anak yang tidak siap sekolah untuk menunda sekolah dasar
C.
Memaksimalkan
kemampuan pondasi murid
D.
Memberikan kegiatan tambahan kepada
murid-murid yang belum bisa membaca
Jawaban : C
2.
Kepala
Sekolah SD Mekar ingin merancang kegiatan masa perkenalan untuk murid kelas 1
SD yang baru di tahun ajaran ini. Kegiatan apakah yang tepat sesuai dengan
konsep transisi PAUD SD?
A.
Kegiatan
permainan berkelompok untuk melihat kemampuan motorik dan interaksi murid
B.
Kegiatan
lomba permainan yang bersifat meriah agar murid-murid senang
C.
Kegiatan
lomba permainan antar kelas untuk menumbuhkan jiwa kompetisi
D.
Kegiatan
berkeliling sekolah dan berkenalan dengan kakak kelas untuk menumbuhkan jiwa
keberanian
Jawaban : D
3.
SD
Tunas melakukan seleksi masuk SD untuk siswa baru yang akan mendaftar untuk
kelas 1. Apakah yang dilakukan SD Tunas telah sesuai dengan gerakan transisi
PAUD SD?
A.
Ya,
karena anak yang belum siap akan kesulitan mengikuti pelajaran di SD.
B.
Ya,
agar anak bisa mempersiapkan diri untuk masuk SD di tahun berikutnya.
C.
Tidak,
seleksi masuk tidak memiliki landasan peraturan dari Kemdikbudristek.
D.
Tidak
karena setiap anak berhak dibina kemampuan fondasinya.
Jawaban : D
4.
.Gerakan
transisi PAUD SD dilakukan dengan menguatkan PAUD sebagai fondasi pendidikan
dasar dan dengan menyelaraskan pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran di SD.
Hal ini menunjukkan bahwa...
A.
Pendidik
di jenjang PAUD bertanggung jawab atas kesiapan anak masuk SD.
B.
Transisi
PAUD-SD harus dilakukan bersama-sama oleh semua pihak secara sinergis.
C.
Anak
yang akan masuk ke kelas 1 SD harus sudah memiliki kemampuan fondasi.
D.
SD
akan melakukan tes untuk menentukan apakah anak sudah siap masuk SD.
Jawaban : B
MODUL 2
Bagaimana
membangun lingkungan belajar yang mendukung transisi PAUD-SD?
Indikator Ketercapaian Transisi PAUD-SD
·
Studi Kasus Transisi PAUD-SD
·
Seperti apa Gambaran Transisi PAUD-SD
itu?
Latihan Pemahaman
1.
Pemberian motivasi agar anak dapat lebih
semangat berusaha akan membangun “growth mindset”. Hal yang utama dan perlu
dilakukan untuk membangun growth Mindset anak adalah dengan …
A.
Menjanjikan hadiah atas keberhasilannya
B.
Memberikan tantangan yang sulit
C.
Memberikan penghargaan anak terhadap
usahanya sendiri
D.
Memberikan hukuman apabila tidak dapat
mengerjakan tugas
Jawaban
: C
2.
Hak anak adalah mendapatkan pembinaan -
bukan pelabelan. Karena berpusat pada niat untuk membina, maka segala kegiatan
asesmen yang digunakan fungsinya adalah untuk merancang kegiatan pembelajaran
berikutnya yang lebih baik. Oleh karenanya, teknik asesmen yang disarankan
adalah …
A.
Tes pilihan ganda
B.
Tes menyelesaikan soal berhitung
C.
Teknik
observasi atau teknik kinerja
D.
Tes lisan membaca
Jawaban : C
Dua Minggu Awal Sekolah : Anak Mengenal Sekolah
Anak (dan Orang Tua) Mengenal Sekolah
Latihan Pemahaman
1.
Salah satu tahapan kegiatan yang dapat
membantu anak menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di
kelas adalah
A.
Anak diajarkan penggunaan kata tolong,
maaf, dan terima kasih melalui kegiatan menggambar berkelompok.
B.
Anak diberikan label nama dan
menyebutkannya
C.
Anak menceritakan hobinya di depan kelas
D.
Anak diajak keliling sekolah dan
mengenal tempat di sekitar sekolah
Jawaban : A
2.
Guru menjelaskan cara, manfaat, dan
mengajak anak berbaris untuk mencuci tangan bergantian di wastafel sekolah
adalah salah satu cara agar anak…
A.
Mengenal lingkungan sekolahnya
B.
Memiliki sifat belajar yang positif
C.
Memiliki growth mindset
D.
Mengenali teman sekelasnya
Jawaban : A
Dua Minggu Awal Sekolah : Sekolah Mengenal Anak
Latihan Pemahaman
1.
Salah satu prinsip Penerapan Asesmen Awal sebagai
upaya satuan pendidikan mengenal peserta didik adalah ...
A.
Memanggil murid satu persatu ke depan
kelas
B.
Berpusat pada anak dan menyenangkan
C.
Memudahkan orang tua
D.
Dilakukan dengan bermain di luar kelas
Jawaban : B
2.
Berikut bukan merupakan langkah dalam
menyusun penerapan asesmen awal di dua minggu pertama di awal tahun ajaran
baru...
A.
Menetapkan kompetensi anak tanpa
melakukan observasi atau memberikan kesempatan anak unjuk kinerja.
B.
Merancang kegiatan yang dapat digunakan
untuk mengamati perilaku
C.
Menentukan mata pelajaran yang linear
D.
Mendokumentasikan informasi di lembar
observasi
Jawaban : B
Postes
1.
Pada masa awal sekolah, Guru kelas 1 SD
Ara dan Cita melakukan beberapa kegiatan, di antaranya adalah tes membaca teks
di buku pelajaran dan memberikan soal berhitung. Dalam kegiatan tersebut guru
mereka menemukan beberapa hal, sehingga Ia merasa perlu mengatur strategi lain
keesokan harinya. Berikut adalah hasil asesmen dan pemetaannya:
1. Ara= Ara sering menolak untuk masuk ke kelas. Hal ini terjadi sejak Ara
diberikan tugas membaca, kemampuan yang masih sulit untuk ia kuasai.
2. Cita = Cita anak yang periang, namun setelah diberikan guru soal
berhitung dalam bentuk permainan menggunakan kartu tebak angka, Ia mampu
menjawab 3 dari 10 soal yang diberikan. Sejak saat itu Cita merasa malu dan
tidak bersemangat kembali ke sekolah keesokan harinya.
Jika merujuk pada enam aspek kemampuan fondasi, aspek kemampuan yang perlu
dikembangkan dalam kasus Ara adalah..
A.
Pemaknaan terhadap belajar yang positif
B.
Kematangan emosi
C.
Ketrampilan sosial
D.
Ketrampilan motorik
Jawaban : A
2.
Contoh kegaiatan yang efektif dilakukan
di hari pertama masuk sekolah untuk mengenali potensi peserta didik adalah :
A.
Anak diminta untuk menempelkan nama
mereka dengan stiker dan saling berkenalan
B.
Guru
memberikan kesempatan peserta didik keliling sekolah dan berkenalan dengan
petugas sekolah
C.
Guru
memberikan waktu kepada orang tua untuk mengantarkan anaknya dan meminta mereka
menceritakan keseharian di rumah
D.
Guru
memberikan kesempatan pada setiap anak dapat menyampaikan identitas dirinya:
nama, alamat, hobi, anggota keluarga, kebiasaan yang dilakukan dirumah atau hal
lain yang ingin anak sampaikan.
Jawaban : D
3.
Bu Sari adalah seorang guru SD. Saat ini
Bu Sari sedang menyusun kegiatan masa perkenalan anak dengan sekolah.. Dimulai
dari kegiatan pengenalan dengan kelas dan alat belajar, mengajak peserta didik
berkeliling seluruh area, hingga mengenalkan peserta didik dengan semua warga
sekolah dan pembiasaan proses pembelajarannya. Tujuan utama bu Sari melakukan
kegiatan-kegiatan tersebut adalah …
A.
Menumbuhkan motivasi belajar, interaksi
dan perilaku positif
B.
Mengenali
potensi peserta didik
C.
Mengembangkan
interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
D.
Membantu
peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya
Jawaban : D
4.
Setelah tiga hari pertama memberikan
kesempatan bagi peserta didik untuk berkenalan dengan lingkungan belajar, Bu Guru
Sari menetapkan mulai dari hari keempat hingga ke-10 akan melakukan asesmen
awal. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan potret capaian awal murid. Hasilnya
akan digunakan sebagai basis perancangan kegiatan pembelajaran selanjutnya.
Berikut rancangan kegiatan Bu Sari:
1.
Mengobservasi peserta didik saat
memberikan permainan menggambar berkelompok
2.
Melakukan observasi melalui permainan
jingkat-jingkat
Asesmen awal yang dilakukan oleh
guru Sari memperhatikan prinsip-prinsip yang ada di bawah ini, kecuali :
A.
Sederhana dan realistis dan tidak
menjadi tambahan pekerjaan bagi guru Sari
B.
Berpusat pada anak dan menyenangkan
karena tidak menggunakan testing
C.
Bermakna, karena hasil dari asesmen yang
dilakukan dapat dijadikan acuan dalam pengembangan aspek kemampuan fondasi
D.
Mengakomodir semua aspek kemampuan
fondasi
Jawaban : A
Yuk, simak topik berikurnya !
Penguatan Transisi PAUD - SD 2 ( Modul 3 dan 4 )
https://berbagitarbiyah.blogspot.com/2023/02/kunci-jawaban-penguatan-transisi-paud.html
Ditunggu jawaban modul lainnya, ya
BalasHapus