Total Tayangan Halaman

KUNCI JAWABAN PELATIHAN MANDIRI ( web : guru.kemendikbud.go.id)

 



TOPIK : PENGUATAN TRANSISI PAUD-SD1 Di Awal Tahun Ajaran Baru

MODUL 1

Latihan Pemahaman Pentingnya Transisi PAUD S

            Berikut yang bukan merupakan perubahan PAUD dan SD di tahun ajaran 2023 dan 2024?

A.      PAUD dan SD melakukan asesmen awal.

B.      Pembelajaran di SD yang tidak diperbolehkan calistung

C.      PAUD dan SD memberikan pembelajaran yang membangun fase pondasi

D.      Penerimaan Siswa Baru tidak melakukan tes calistung

Jawaban : B

Berikut manakah yang merupakan konsep kesiapan sekolah?

A.      Kemampuan baca tulis hitung hanya dilakukan melalui pengenalan keaksaraan dan angka

B.      Anak diharapkan mencapai kesiapan bersekolah di usia 6 tahun (sebelum masuk SD)

C.      Anak sudah harus dapat baca tulis hitung saat masuk di SD.

D.      Kesiapan bersekolah tidak hanya kemampuan baca tulis hitung

Jawaban D

Latihan pemahaman Pemenuhan Hak Anak PAUD SD

Dampak yang kita harapkan dari gerakan Transisi PAUD-SD adalah

A.      Menunjukkan bahwa anak yang pernah mengikuti PAUD memiliki kesiapan lebih baik di SD.

B.      Setiap anak, di manapun titik berangkatnya, dapat dibina kemampuan fondasinya.

C.      Guru dapat mencermati apakah anak sudah termasuk “siap” atau “belum siap” bersekolah.

D.      Usaha untuk menyamakan kemampuan anak sebelum masuk ke SD

Jawaban : B

Siapa yang bertanggung jawab agar anak memiliki kemampuan-kemampuan fondasi?

A.      Anak itu sendiri

B.      Masyarakat di sekeliling anak

C.      Dinas terkait

D.      Orang tua dan satuan pendidikan

Jawaban : D

Latihan Pemahaman Kebijakan Penguatan Transisi PAUD SD

1.       Dalam kebijakan Merdeka Belajar Merdeka Bermain, terdapat strategi yang digunakan dalam gerakan transisi PAUD SD, yaitu...

A.      Dukungan dinas terkait dan pengaatan komunitas

B.      Menyelaraskan modul literasi dan numerasi untuk SD kelas 1

C.      Penguatan PAUD dan keselarasan pembelajaran PAUD SD

D.      Evaluasi internal dan evaluasi eksternal institusi paud

Jawaban : C

2.       Apa yang dimaksud dengan penguatan ekosistem dalam keselarasan pembelajaran PAUD-SD?

A.      Terbentuknya forum komunikasi PAUD-SD di 204 kab/kota.

B.      Adanya modul sumber belajar mandiri untuk guru PAUD dan guru SD.

C.      STPPA dan SKL SD dibangun dalam satu lajur perkembangan.

D.      Kurikulum dan buku teks kelas 1 SD sudah disederhanakan.

Jawaban : A

Postes

1.       Bu Widya adalah guru TK B. Di awal semester Bu Widya ingin mempersiapkan murid-muridnya agar siap sekolah. Bu Widya resah karena beberapa murid belum bisa membaca. Apa yang seharusnya Bu Widya lakukan untuk kesiapan bersekolah?

A.      Memperbanyak kegiatan menulis dan membaca di kelas

B.      Menyarankan anak yang tidak siap sekolah untuk menunda sekolah dasar

C.      Memaksimalkan kemampuan pondasi murid

D.       Memberikan kegiatan tambahan kepada murid-murid yang belum bisa membaca

Jawaban : C

2.       Kepala Sekolah SD Mekar ingin merancang kegiatan masa perkenalan untuk murid kelas 1 SD yang baru di tahun ajaran ini. Kegiatan apakah yang tepat sesuai dengan konsep transisi PAUD SD?

A.      Kegiatan permainan berkelompok untuk melihat kemampuan motorik dan interaksi murid

B.      Kegiatan lomba permainan yang bersifat meriah agar murid-murid senang

C.      Kegiatan lomba permainan antar kelas untuk menumbuhkan jiwa kompetisi

D.      Kegiatan berkeliling sekolah dan berkenalan dengan kakak kelas untuk menumbuhkan jiwa keberanian

Jawaban : D

3.       SD Tunas melakukan seleksi masuk SD untuk siswa baru yang akan mendaftar untuk kelas 1. Apakah yang dilakukan SD Tunas telah sesuai dengan gerakan transisi PAUD SD?

A.      Ya, karena anak yang belum siap akan kesulitan mengikuti pelajaran di SD.

B.      Ya, agar anak bisa mempersiapkan diri untuk masuk SD di tahun berikutnya.

C.      Tidak, seleksi masuk tidak memiliki landasan peraturan dari Kemdikbudristek.

D.      Tidak karena setiap anak berhak dibina kemampuan fondasinya.

Jawaban : D

4.       .Gerakan transisi PAUD SD dilakukan dengan menguatkan PAUD sebagai fondasi pendidikan dasar dan dengan menyelaraskan pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran di SD. Hal ini menunjukkan bahwa...

A.      Pendidik di jenjang PAUD bertanggung jawab atas kesiapan anak masuk SD.

B.      Transisi PAUD-SD harus dilakukan bersama-sama oleh semua pihak secara sinergis.

C.      Anak yang akan masuk ke kelas 1 SD harus sudah memiliki kemampuan fondasi.

D.      SD akan melakukan tes untuk menentukan apakah anak sudah siap masuk SD.

Jawaban : B

MODUL 2  

Bagaimana membangun lingkungan belajar yang mendukung transisi PAUD-SD?

Indikator Ketercapaian Transisi PAUD-SD

·         Studi Kasus Transisi PAUD-SD

·         Seperti apa Gambaran Transisi PAUD-SD itu?

Latihan Pemahaman

1.       Pemberian motivasi agar anak dapat lebih semangat berusaha akan membangun “growth mindset”. Hal yang utama dan perlu dilakukan untuk membangun growth Mindset anak adalah dengan …

A.       Menjanjikan hadiah atas keberhasilannya

B.       Memberikan tantangan yang sulit

C.       Memberikan penghargaan anak terhadap usahanya sendiri

D.      Memberikan hukuman apabila tidak dapat mengerjakan tugas

                Jawaban : C

2.       Hak anak adalah mendapatkan pembinaan - bukan pelabelan. Karena berpusat pada niat untuk membina, maka segala kegiatan asesmen yang digunakan fungsinya adalah untuk merancang kegiatan pembelajaran berikutnya yang lebih baik. Oleh karenanya, teknik asesmen yang disarankan adalah …

A.       Tes pilihan ganda

B.       Tes menyelesaikan soal berhitung

C.        Teknik observasi atau teknik kinerja

D.      Tes lisan membaca

Jawaban : C

Dua Minggu Awal Sekolah : Anak Mengenal Sekolah

Anak (dan Orang Tua) Mengenal Sekolah

Latihan Pemahaman

1.       Salah satu tahapan kegiatan yang dapat membantu anak menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas adalah

A.       Anak diajarkan penggunaan kata tolong, maaf, dan terima kasih melalui kegiatan menggambar berkelompok.

B.       Anak diberikan label nama dan menyebutkannya

C.       Anak menceritakan hobinya di depan kelas

D.      Anak diajak keliling sekolah dan mengenal tempat di sekitar sekolah

Jawaban : A

2.       Guru menjelaskan cara, manfaat, dan mengajak anak berbaris untuk mencuci tangan bergantian di wastafel sekolah adalah salah satu cara agar anak…

A.       Mengenal lingkungan sekolahnya

B.       Memiliki sifat belajar yang positif

C.       Memiliki growth mindset

D.      Mengenali teman sekelasnya

Jawaban : A

Dua Minggu Awal Sekolah : Sekolah Mengenal Anak

Latihan Pemahaman

1.       Salah satu prinsip Penerapan Asesmen Awal sebagai upaya satuan pendidikan mengenal peserta didik adalah ...

A.       Memanggil murid satu persatu ke depan kelas

B.       Berpusat pada anak dan menyenangkan

C.       Memudahkan orang tua

D.      Dilakukan dengan bermain di luar kelas

Jawaban : B

2.       Berikut bukan merupakan langkah dalam menyusun penerapan asesmen awal di dua minggu pertama di awal tahun ajaran baru...

A.       Menetapkan kompetensi anak tanpa melakukan observasi atau memberikan kesempatan anak unjuk kinerja.

B.       Merancang kegiatan yang dapat digunakan untuk mengamati perilaku

C.       Menentukan mata pelajaran yang linear

D.      Mendokumentasikan informasi di lembar observasi

Jawaban : B

    Postes

1.       Pada masa awal sekolah, Guru kelas 1 SD Ara dan Cita melakukan beberapa kegiatan, di antaranya adalah tes membaca teks di buku pelajaran dan memberikan soal berhitung. Dalam kegiatan tersebut guru mereka menemukan beberapa hal, sehingga Ia merasa perlu mengatur strategi lain keesokan harinya. Berikut adalah hasil asesmen dan pemetaannya:

1. Ara= Ara sering menolak untuk masuk ke kelas. Hal ini terjadi sejak Ara diberikan tugas membaca, kemampuan yang masih sulit untuk ia kuasai.

2. Cita = Cita anak yang periang, namun setelah diberikan guru soal berhitung dalam bentuk permainan menggunakan kartu tebak angka, Ia mampu menjawab 3 dari 10 soal yang diberikan. Sejak saat itu Cita merasa malu dan tidak bersemangat kembali ke sekolah keesokan harinya.

 

Jika merujuk pada enam aspek kemampuan fondasi, aspek kemampuan yang perlu dikembangkan dalam kasus Ara adalah..

A.       Pemaknaan terhadap belajar yang positif

B.       Kematangan emosi

C.       Ketrampilan sosial

D.      Ketrampilan motorik

Jawaban : A

2.       Contoh kegaiatan yang efektif dilakukan di hari pertama masuk sekolah untuk mengenali potensi peserta didik adalah :

A.       Anak diminta untuk menempelkan nama mereka dengan stiker dan saling berkenalan

B.        Guru memberikan kesempatan peserta didik keliling sekolah dan berkenalan dengan petugas sekolah

C.        Guru memberikan waktu kepada orang tua untuk mengantarkan anaknya dan meminta mereka menceritakan keseharian di rumah

D.       Guru memberikan kesempatan pada setiap anak dapat menyampaikan identitas dirinya: nama, alamat, hobi, anggota keluarga, kebiasaan yang dilakukan dirumah atau hal lain yang ingin anak sampaikan.

Jawaban : D

3.       Bu Sari adalah seorang guru SD. Saat ini Bu Sari sedang menyusun kegiatan masa perkenalan anak dengan sekolah.. Dimulai dari kegiatan pengenalan dengan kelas dan alat belajar, mengajak peserta didik berkeliling seluruh area, hingga mengenalkan peserta didik dengan semua warga sekolah dan pembiasaan proses pembelajarannya. Tujuan utama bu Sari melakukan kegiatan-kegiatan tersebut adalah …

A.       Menumbuhkan motivasi belajar, interaksi dan perilaku positif

B.        Mengenali potensi peserta didik

C.        Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya

D.       Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya

Jawaban : D

4.       Setelah tiga hari pertama memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berkenalan dengan lingkungan belajar, Bu Guru Sari menetapkan mulai dari hari keempat hingga ke-10 akan melakukan asesmen awal. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan potret capaian awal murid. Hasilnya akan digunakan sebagai basis perancangan kegiatan pembelajaran selanjutnya. Berikut rancangan kegiatan Bu Sari:

1.       Mengobservasi peserta didik saat memberikan permainan menggambar berkelompok

2.       Melakukan observasi melalui permainan jingkat-jingkat

Asesmen awal yang dilakukan oleh guru Sari memperhatikan prinsip-prinsip yang ada di bawah ini, kecuali :

A.       Sederhana dan realistis dan tidak menjadi tambahan pekerjaan bagi guru Sari

B.       Berpusat pada anak dan menyenangkan karena tidak menggunakan testing

C.       Bermakna, karena hasil dari asesmen yang dilakukan dapat dijadikan acuan dalam pengembangan aspek kemampuan fondasi

D.      Mengakomodir semua aspek kemampuan fondasi

Jawaban : A


 LANJUT !

Yuk, simak topik berikurnya !

Penguatan Transisi PAUD - SD 2 ( Modul 3 dan 4 ) 

https://berbagitarbiyah.blogspot.com/2023/02/kunci-jawaban-penguatan-transisi-paud.html

Penguatan Transisi PAUD - SD 2 ( Modul 5 dan 6 ) 

Share:

1 komentar:

Pengikut

Pengikut

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

POSTING TERBARU

MOTIVASI HIDUP

  • HIDUP LEBIH BERMAKNA JIKA BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN.
  • BAHAGIA DENGAN MEMBUAT ORANG LAIN BAHAGIA
  • LURUSKAN NIAT AGAR KEBERKAHAN BISA DIDAPAT

HALAMAN

SALAM TA'ZHIM

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami. Semoga memberikan manfaat dan menjadi ladang amal ibadah buat semua.