Total Tayangan Halaman

REFLEKSI PROFIL SATUAN PENDIDIKAN

 

 

Tujuan dari rapor pendidikan sebenarnya sebagai alat bantu bagi satuan pendidikan dalam kegiatan identifikasi refleksi, benahi sehingga kegiatan sekolah dapat sesuai dengan kebutuhan peserta didik.  

Mari kita simulasikan kembali rapor pendidikan sebagai laporan medical check up. Apabila laporan medical check up mendeteksi adanya penyakit di tubuh kita sebagai pasien manakah menurut yang wajar dilakukan. Apakah mencoba menutupi penyakit dan berpura-pura tidak terjadi apa-apa atau fokus mencari obat dan dokter spesialis untuk menyembuhkan penyakit yang terdeteksi. Tentu saja jauh lebih bijak bagi kita untuk fokus mencari cara menyembuhkan penyakit yang terdeteksi, kemudian kita pun semakin bersemangat untuk semakin menjaga bagian tubuh kita yang berada dalam kondisi sehat. 

Begitupun pada rapor Pendidikan. Kita harus melihat hasil rapat pendidikan dengan kacamata yang lebih luas dan bijak. Tinggalkan kebiasaan membandingkan capaian antar satuan pendidikan atau meranking kondisi satuan pendidikan. Tumbukan budaya reflektif dan semangat untuk memperbaiki diri di satuan pendidikan, gunakan open pendidikan sebagai instrumen utama untuk menemukan masalah yang sedang terjadi yang pada  akhirnya kita dapat lebih mudah mengetahui masalah yang ditemukan.

Selain untuk menemukan masalah rapor pendidikan juga dapat digunakan untuk mengetahui keunggulan dan hal-hal apa saja yang sudah baik pada sekolah. Selain fokus membenahi masalah, jangan lupa untuk membuat kegiatan yang dapat mempertahankan hal-hal yang sudah baik juga

Sumber  : https://www.youtube.com/watch?v=bW7q6VTFaqQ


Jakarta, 24 Februari 2023 

 

 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Pengikut

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

POSTING TERBARU

MOTIVASI HIDUP

  • HIDUP LEBIH BERMAKNA JIKA BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN.
  • BAHAGIA DENGAN MEMBUAT ORANG LAIN BAHAGIA
  • LURUSKAN NIAT AGAR KEBERKAHAN BISA DIDAPAT

HALAMAN

SALAM TA'ZHIM

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami. Semoga memberikan manfaat dan menjadi ladang amal ibadah buat semua.