Total Tayangan Halaman

KUNCI JAWABAN Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran ( MODUL 3 DAN 4)

 

TOPIK : Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : 

Melalui Pembelajaran Merdeka belajar

Modul 3 :

Membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap

Lingkup : Miskonsepsi Literasi dan Numerasi

Ø  Miskonsepsi Literasi dan Numerasi

Ø  Miskonsepsi Literasi dan Numerasi PAUD-SD Awal

Ø  Refleksi Miskonsepsi Literasi Numerasi

Latihan Pemahaman

1.       Dari pernyataan berikut, manakah yang termasuk miskonsepsi literasi Anak Usia Dini ?

A.       Lancar membaca bukan berarti paham isi bacaan.

B.       Kesiapan membaca awal terlihat dari anak dapat bercerita tentang lingkungan di sekitarnya.

C.       Belajar membaca diawali dengan menghafal huruf A-Z

D.      Pengenalan aksara, kata dilakukan dalam konteks bermain dan belajar serta berkomunikasi.

Jawaban : C

2.       Manakah dari pernyataan berikut yang bukan termasuk miskonsepsi numerasi Anak Usia Dini ?

A.       Bagi anak usia dini, literasi dan bahasa lebih penting daripada matematika.

B.       Anak usia dini belum siap untuk pendidikan matematika.

C.       Anak belajar matematika hanya melalui interaksi melalui benda konkret.

D.      Matematika tidak selalu perlu diintegrasikan dengan kegiatan lain

Jawaban : D

Lingkup literasi

Ø  Jenjang Pembaca Dini

Ø  Jenjang Pembaca Awal

Latihan Pemahaman

1.       Ketika anak mendengar sebuah kata, memerhatikan mimik dan gestur lawan bicara, menandakan bahwa anak sedang menggunakan kemampuan bahasa ?

A.       Bahasa Penginderaan

B.       Bahasa Reseptif

C.       Bahasa Produktif

D.      Bahasa Ekspresif

Jawaban : B

2.       Kemampuan anak dalam memahami dunia sekitarnya, termasuk komponen literasi .....

A.       Kemampuan bertutur

B.       Kosakata

C.       Kesadaran fonemik

D.      Pengetahuan latar

Jawaban : D

3.       Cakupan literasi yang paling banyak dilakukan di PAUD dan SD adalah keaksaraan, apa yang dimaksud dengan keaksaraan ?

A.       Kemampuan anak menghubungkan huruf dan bunyi

B.       Kemampuan anak menyadari makna dibalik simbol

C.       Kemampuan anak memahami bahasa lisan ke bahasa teks

D.      Kemampuan bertutur

Jawaban : A

Lingkup : Membangun Literasi secara Bertahap

Ø  Membangun Literasi secara Bertahap

Ø  Perangkat Ajar Literasi

Latihan Pemahaman

1.       1. Langkah pertama yang perlu dilakukan guru dalam merancang pembelajaran penguatan literasi Anak Usia Dini adalah ....

A.      Menentukan strategi pembelajaran yang menyenangkan

B.      Melakukan asesmen awal

C.      Menyusun ATP

D.      Menentukan materi

Jawaban : B

2.       2. Sesuai dengan tema pembelajaran "Hobiku" di term ke-2, Bapak Yudi meminta anak-anak kelas 1A untuk membawa benda-benda terkait hobi mereka dan menceritakanya kepada teman-teman di kelas. Dua cakupan literasi manakah yang ingin dibangun oleh Bapak Yudi melalui kegiatan ini?

A.      Kesadaran cetak dan keaksaraan

B.      Keaksaraaan dan fonemik

C.      Fonetik dan pengetahuan latar

D.      Kosakata dan kemampuan bercerita

Jawaban : D

3.      3. Ibu Linda menyediakan beberapa mainan kesukaan anak-anak di kelas. ibu Linda meminta anak-anak untuk menyebutkan namanya dan mengajak mereka mengeja lalu membimbing untuk menulis pada kertas yang sudah disediakan. Dua cakupan literasi yang ingin dikembangkan oleh Ibu Linda secara bertahap adalah ...

A.      Kesadaran fonemik dan keaksaraan

B.      Kesadaran cetak dan pengetahuan latar

C.      Kosakata dan kemampuan bercerita

D.      Kemampuan bercerita dan kesadaran fonemik

Jawaban : A

Lingkup Numerasi

Ø  Lima Komponen Numerasi

Latihan Pemahaman

1.       1. Numerasi tidak hanya sebatas operasi bilangan dan rumus. Dimanakah dari pernyataan berikut yang tidak termasuk kegunaan dari pengembangan kemampuan numerasi dalam kehidupan kita?

A.      Mengajarkan keterampilan dalam perencanaan dan estimasi

B.      Mengajarkan kemampuan menghafal rumus

C.      Mengembangkan kemampuan menjelaskan suatu ide secara logis dan kritis

D.      Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah secara sistematis

Jawaban B

2.      2.  Mengapa penting untuk peserta didik memiliki kesadaran bilangan?

A.      Dapat mengembangkan kesadaran ruang pada peserta didik

B.      Dapat membangun kemampuan peserta didik dalam membuat keputusan

C.      Dapat mengembangkan kemampuan mengenal karakteristik dan klasifikasi

D.      Dapat memberikan penguatan terhadap kemampuan numerasi lainnya

Jawaban : D

3.       3. Ibu Rita mengajak peserta didik di kelasnya untuk mengumpulkan bunga-bunga yang berjatuhan di halaman sekolah. Setelah itu Ibu Rita mengajak anak mendeskripsikan bunga berdasarkan warnanya. Lalu peserta didik mengelompokkan bunga tersebut berdasarkan warna. Bu Rita menanyakan berapa jumlah bunga di setiap kelompok warna. Setelahnya, peserta didik dapat menempel bunga-bunga tersebut membentuk suatu benda/ objek.

Dari kegiatan ini, kemampuan numerasi apa saja yang dibangun?

A.      Pengukuran, geometri, pola dan fungsi

B.      Kesadaran bilangan, pengukuran, pola dan fungsi

C.      Analisa data, kesadaran bilangan, geometri

D.      Geometri, pola dan fungsi, pengukuran

Jawaban : C

Lingkup : Membangun Numerasi secara Bertahap

Ø  Membangun Numerasi secara Bertahap

Ø  Lingkungan Belajar yang Mendukung Numerasi

Ø  Perangkat Ajar Numerasi

Latihan Pemahaman

1.       1Menyortir dan menggolongkan benda berdasarkan satu atau lebih atribut / ciri tertentu, dan menghitung ada berapa benda sesuai dengan masing-masing kategori kemudian mengumpulkan dan mengelompokkan data untuk menjawab pertanyaan (contoh pertanyaan misalnya, "Apa cemilan favoritmu?"). Hal ini merupakan contoh dari cara membangun kemampuan......

A.      Kesadaran dan operasi bilangan.

B.      Pola

C.      Geometri

D.      Analisa data

Jawaban : D

2.      2.  Kemampuan spasial, dimulai dari kemampuan menentukan jalur yang perlu dilalui untuk mencapai sebuah benda pada gambar, dilanjutkan dengan menyebutkan posisi dari benda yang dilihat terhadap benda lain (atas, bawah, belakang, samping, depan), dan kemudian membedakan kiri dan kanan termasuk ke dalam kompone mengenalkan?

A.      Kesadaran dan operasi bilangan.

B.      Pola

C.      Geometri

D.      Analisa data

Jawaban : C

Postes

1.       Berdasarkan asesmen awal pembelajaran yang dilakukan di kelasnya melalui kegiatan membaca lantang. Pak Ali berfokus pada kemampuan menyimak dan mengolah informasi secara lisan. Pak Ali mengidentifikasi 2 kelompok murid berdasarkan level membacanya, yaitu:

·      Kelompok A = Merespon dan mengungkapkan ide mengenai peristiwa sehari-hari. Mereka masih belum mampu mengenali huruf dan bunyinya.

·      Kelompok B = Mereka mulai menunjukan ketertarikan pada buku, menanyakan arti kata yang baru dikenalnya serta mengenali beberapa huruf. Mereka juga sudah mampu menangkap isi cerita, informasi dari hasil menyimak cerita yang dibacakan

 

Komponen literasi apa saja yang perlu Pak Ali prioritaskan untuk mengembangkan kemampuan literasi murid dalam kelompok A secara bertahap?

A.      Kesadaran cetak

B.      Kosakata

C.      Kesadaran Fonemik

D.      Keaksaraan

Jawaban : B

2.       Dari hasil observasi Bu Lisa terhadap peserta didik di kelasnya, sebagian besar dari mereka senang melakukan kegiatan di luar kelas. Melihat ini, Bu Lisa menggunakan kegiatan di lapangan untuk mengembangkan kemampuan numerasi peserta didiknya.

Bu Lisa melakukan dua kegiatan inti:

Kegiatan 1:

Peserta didik diminta membuat kelompok yang terdiri dari 6 anak. Setelah berkelompok, peserta didik membentuk barisan dan secara bergantian menyebutkan bilangan secara urut dari 1. Setiap satu kelompok sudah selesai berhitung, Bu Lisa menanyakan ada berapa jumlah anak di setiap kelompok.

Kegiatan 2:

Peserta didik diminta membuat kelompok berdasarkan bulan ulang tahun mereka (peserta didik yang lahir di bulan Januari akan membentuk satu kelompok, yang lahir di bulan Februari akan membentuk satu kelompok, dan seterusnya). Setelah semua sudah membentuk kelompok berdasarkan bulan, peserta didik diminta melihat semua kelompok yang sudah terbentuk. Tanpa perlu berhitung, Bu Lisa menanyakan bulan apa yang memiliki paling banyak kelompok..

Dari Kegiatan 1, kemampuan numerasi apa yang dikembangkan?

A.      Pola - merepresentasikan situasi dan struktur matematis menggunakan simbol

B.      Bilangan - memahami makna dari operasi bilangan

C.      Pola - pemahaman pola relasi dan fungsi

D.      Bilangan - mengetahui cara menampilkan bilangan dan hubungan antar bilangan

Jawaban : D

3.       Berikut merupakan kalimat yang dapat membantu anak menghubungkan informasi ialah sebagai berikut, kecuali ..

A.      “Wah pembelajaran hitung longkap (skip counting) kita hari ini seperti saat membantu Ibu-mu membungkus keripik seperti yang sudah kamu ceritakan yaa, lima keripik tiap bungkusan.”

B.      “Iyaya, kalau kita sudah mengetahui seperti apa itu bilangan 3, jadi jika nanti Bapak/Ibu guru minta agar dapat membawa tiga buku cerita ke sekolah esok hari, kamu sudah dapat menyiapkannya sendiri yaa?”

C.      “Jadi kamu merasa kalau belajar bilangan hari ini mirip dengan kejadian ini karena____?”

D.      "Wah kamu pintar yaa."

Jawaban : D

4.       Guru Ani memahami bahwa kemampuan literasi numerasi perlu dikembangkan sejak anak usia dini. Guru Ani cukup mengajarkan bilangan yang sederhana dan bentuk untuk mengembangkan kemampuan numerasi. Apakah yang dilakukan guru Ani sudah cukup mengoptimalkan kemampuan numerasi muridnya ?

A.      Belum, sebab pembelajaran numerasi anak usia dini bisa melibatkan operasi bilangan, pengkuran bentuk melalui pemecahan masalah, analisis dan komunikasi

B.      Belum, sebab apa yang dilakukan kurang menantang, seharusnya Guru Ani bisa menyediakan lingkungan fisik yang lebih kaya sehingga pembelajaran lebih berkualitas.

C.      Sudah, sebab mengembangkan kemampuan literasi lebih penting daripada numerasi untuk anak usia dini.

D.      Sudah, sebab anak usia dinibelum siap untuk belajar matematika yang lebih kompleks.

Jawaban : A

5.       Apa yang perlu dilakukan guru PAUD & SD Awal untuk membantu perkembangan literasi murid sehingga tidak terjebak pada miskonsepsi ?

A.      Mengenalkan huruf dengan fokus pada kemampuan mengeja suku kata.

B.      Drilling melafalkan bacaan.

C.      Menguatkan kemampuan berkomunikasi melalui kegiatan bercakap-cakap, bermain dan bersosialisasi.

D.      Melatih ketrampilan menulis huruf

Jawaban : C

6.       Melalui observasi, terlihat profil seorang peserta didik sebagai berikut :

(1)    Anak dapat menjawab pertanyaan, menyebutkan nama benda yang ditunjukkan melalui gambar.

(2)    Anak tidak tertarik dengan buku, namun terlihat antusias saat dibacakan buku.

(3)    Anak cenderung mengulang-ulang kata yang baru didengar.

Berdasarkan profil peserta didik diatas, komponen literasi apa yang sudah dimiliki peserta didik tersebut ?

A.      Pengetahuan latar & Keaksaraan

B.       Kemampuan bertutur & kosakata

C.      Kesadaran cetak & Kosakata

D.      Keaksaraan & Kesadaran Fonemik

Jawaban : A

Modul 4

membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?

Ø  Pentingnya Kemampuan Fondasi

Latihan pemahaman

1.       Theo merupakan siswa kelas 5 SD yang cerdas dalam bernalar dan menguasai apa yang diajarkan di sekolah, namun ia seringkali terlambat dan sulit untuk mengendalikan diri. Ia seringkali tidak mengerjakan tugas tepat waktu atau mangkir dari kelas serta sulit dihubungi oleh teman kelompoknya. Akibatnya, potensi kecerdasannya tidak tampil secara optimal.

Kemampuan fondasi apa yang belum terbangun pada diri Theo sedari dini?

A.      Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

B.      Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar

C.      Pemaknaan terhadap belajar yang positif

D.      Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya

Jawaban : B

2.       Cahaya merupakan seorang siswi kelas 6 SD yang unggul di sekolahnya. Nilai-nilai tugas individualnya sangat baik. Walau demikian, Cahaya kesulitan ketika mengerjakan tugas kelompok. Ia sulit untuk menjalin pertemanan dengan teman. Ia pun kurang inisiatif untuk membangun percakapan sehingga tertinggal informasi penting yang perlu ia ketahui. Jika ada kesulitan yang ia rasakan pun, Cahaya merasa tidak perlu membagikannya kepada teman kelompoknya sehingga masalah tidak terselesaikan.

Kemampuan fondasi apa yang belum terbangun pada diri Cahaya sedari dini?

A.      Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

B.      Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar

C.      Pemaknaan terhadap belajar yang positif

D.      Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya

Jawaban : D

Ø  Membangun Fondasi secara Holistik

-          Kemampuan Fondasi secara Holistik

-          Cakupan Kemampuan Fondasi Bagian 1

-          Cakupan Kemampuan Fondasi Bagian 2

Latihan Pemahaman :

1.     1.   Di bawah ini, manakah pernyataan yang tepat mengenai membangun kemampuan fondasi?

(1)    Kemampuan fondasi perlu dibangun secara menyeluruh pada setiap aspek.

(2)    Ada kemampuan fondasi yang lebih penting daripada kemampuan fondasi yang lain.

(3)    Kemampuan fondasi memiliki keterkaitan dengan aspek perkembangan anak.

(4)    Kemampuan fondasi tidak berkaitan dengan mata pelajaran tertentu.

A.      2 dan 4

B.      1 dan 3

C.      2 dan 3

D.      1 dan 4

Jawaban : B

2.       2. Pemahaman diri sebagai entitas yang unik dan berbeda dengan orang lain yang ditunjukkan dengan dapat menyebutkan perbedaan dan persamaan karakteristik fisik dan non fisik dirinya dibandingkan saudara-saudaranya atau teman sekelasnya. Merupakan keterampilan pada kemampuan fondasi pada aspek ...

A.      Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

B.      Pemaknaan terhadap belajar yang positif

C.      Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya.

D.      Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

Jawaban : D

3.       3. Di bawah ini merupakan keterampilan yang merupakan bagian dari kemampuan fondasi pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri, kecuali...

A.      Rasa syukur telah diciptakan oleh Tuhan YME yang tertampil dalam perilaku-perilaku positif seperti menjaga kebersihan diri, kesehatan diri serta keselamatan diri.

B.      Kepemilikan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri.

C.      Kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh pengetahuan mengenai objek, fenomena alam, atau fenomena sosial melalui pengamatan dan eksplorasi untuk kemudian diutarakan melalui bahasa atau media sederhana.

D.      Kepemilikan kemampuan motorik kasar maupun motorik halus.

Jawaban : C

Ø  Membangun Fondasi secara Bertahap dan Berkesinambungan

-         Latihan Merunutkan Konsep dan Kompetensi

-         Tahapan Membangun Kemampuan Fondasi

-         Komik Latihan Strategi Menguatkan Kemampuan Fondasi

-         Tabel Cara Membangun Kemampuan Fondasi

-         Perangkat Ajar Kemampuan Fondasi

Latihan pemahaman :

1.    Urutkanlah kemampuan-kemampuan di bawah ini dari kemampuan yang perlu dibangun terlebih dahulu untuk membangun kemampuan fondasi kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

(1) Anak memberikan respon (dapat dalam bentuk verbal maupun nonverbal) yang sesuai terhadap ekspresi emosi orang lain.

(2) Anak mampu membedakan ragam ekspresi emosi menggunakan objek konkret.

(3) Anak mengekspresikan emosi dalam berbagai bentuk.

(4) Anak mengenal dan menyebutkan nama-nama emosi.

A.   4-2-3-1

B.    3-2-4-1

C.   2-4-3-1

D.   3-4-2-1

Jawaban : B

Postes

1.    1. Niam merupakan siswa kelas 4 SD yang memiliki prestasi akademik yang cukup baik sejak kelas 1 sampai dengan kelas 3. Meskipun demikian, riwayat ketidakhadiran Niam di sekolah cukup tinggi. Hal ini semakin terlihat di awal kelas 4 SD. Pada bulan pertama tahun ajaran baru, Niam sudah 6 hari tidak masuk sekolah. Informasi yang didapatkan dari orang tua, Niam berpura-pura sakit supaya tidak masuk sekolah, "Aku tidak bisa belajar, aku sakit". Orang tua juga mengeluhkan, kalau Niam baru mau belajar ketika dijanjikan hadiah. Dari pengamatan guru ketika di sekolah, Niam tidak memiliki masalah dengan teman di kelas. Justru bermain dengan teman merupakan hal yang memotivasi Niam untuk masuk sekolah. "Ma, aku kangen sama teman-teman, aku sudah sembuh".

Kemampuan fondasi apa yang belum terbangun dengan baik pada diri Niam?

A.   Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

B.    Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar

C.   Pemaknaan terhadap belajar yang positif

D.   Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya

Jawaban : C

2.    2. Bu Putri seorang guru PAUD. Saat mengajak anak-anak belajar pada tema profesi, bu Putri terlebih dahulu mencari tahu profesi apa saja yang sudah diketahui anak juga profesi apa sajakah yang diminati anak. Data yang bu Putri dapatkan digunakan untuk menyesuaikan jenis profesi yang akan dipelajari. Pada saat proses belajar anak-anak terlihat antusias, mereka aktif dalam kegiatan yang disediakan juga terlihat ingin mencari tahu lebih dalam mengenai profesi-profesi yang dipelajari. Beberapa diantara mereka menyatakan ingin menjadi profesi tersebut ketika sudah besar.

Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan deskripsi di atas?

A.   Bu Putri melibatkan anak dalam menentukan tujuan belajar.

B.    Anak merasakan manfaat dari proses belajar yang ia lakukan, maka ia akan mengembangkan kecintaannya terhadap belajar.

C.   Anak akan semangat belajar jika diberi hadiah.

D.   Bu Putri melakukan asesmen diagnostik di awal pembelajaran

Jawab : C

3.   3.  Nanda merupakan siswa kelas 1 SD. Ketika di sekolah Nanda selalu aktif terlibat dalam kegiatan piket kelas, untuk membersihkan papan tulis dan menyapu lantai. Jika tempat sampah di kelas sudah terisi penuh, ia dengan suka rela membuang sampahnya ke tempat sampah di depan kelas yang lebih besar agar dapat digunakan kembali.

Dari deskripsi di atas, kemampuan fondasi apakah yang terlihat berkembang cukup baik pada diri Nanda?

A.   Mengenal nilai agama dan budi pekerti.

B.    Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya.

C.   Pemaknaan terhadap belajar yang positif.

D.   Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

Jawaban : A

4.    4. Respon apakah yang dapat diucapkan guru untuk memvalidasi perasan anak ketika ada anak yang terjatuh saat sedang berlari di halaman, untuk menguatkan kemampuan fondasinya?

A.   "Berjalan saja ya, tidak usah berlari."

B.    "Tidak apa-apa, tidak sakit kok, kan jatuhnya pelan."

C.   "Apakah kamu baik-baik saja? Apa yang kamu rasakan? Menangis artinya kamu sedang merasakan emosi sedih ya?"

D.   "Wah hebat, kamu tidak menangis!"

Jawaban : B

5.   5.  Bu Tania adalah seorang guru PAUD. Untuk melatih kemampuan motorik halus anak, bu Tania mengajak anak-anak mewarnai gambar hewan. Gambar yang diberikan bu Tania, disesuaikan dengan hewan kesukaan anak-anak. Dalam setiap pilihan gambar, ada tingkat kesulitan mewarnai yang berbeda berdasarkan ukuran kertas, dan luasnya bidang yang perlu diwarnai. Anak-anak juga diberikan kesempatan untuk memilih tingkat kesulitan gambar yang ingin diwarnai.

Strategi yang dilakukan bu Tania di kelasnya, menggunakan landasan ...

A.   Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak

B.    Pengurutan deduktif

C.   Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

D.   Pengurutan Hierarki

Jawaban C 

Simak lanjutannya  Modul 5 dan 6 !


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Pengikut

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

POSTING TERBARU

MOTIVASI HIDUP

  • HIDUP LEBIH BERMAKNA JIKA BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN.
  • BAHAGIA DENGAN MEMBUAT ORANG LAIN BAHAGIA
  • LURUSKAN NIAT AGAR KEBERKAHAN BISA DIDAPAT

HALAMAN

SALAM TA'ZHIM

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami. Semoga memberikan manfaat dan menjadi ladang amal ibadah buat semua.