Bagi siswa yang baru pertama kali mendapat tugas membuaat ringkasan tentang peta konsep pasti ada kendala bagaimana caranya dan seperti apa bentuknya .
Karena itu berikut ini karya siswa yang telah membuat peta konsep materi Surat Alfalaq
unduh1
unduh2
unduh3
unduh4
unduh5
unduh6
unduh7
unduh8
unduh9
-
AMANAH DARI ALLAH
Jangan disia-siakan
-
Mengisi kegiatan akhir pekan-sebelum ada covid-19
Literasi bersama anggota keluarga di perpustakaan Pemda Jaksel-.
-
BERBAGI DI MASA PANDEMI
BERSAMA REKAN GURU AGAMA ISLAM KEC.JATINEGARA DALAM ACARA NGAJI IT.
-
TAK PERLU MENUNGGU SEMPURNA
Berbagi ilmu bersama sahabat guru Agama Islam dalam program NGAJI IT
-
Edukasi kebersamaan
Rukun itu indah.
Total Tayangan Halaman
PETA KONSEP SURAT ALKAFIRUN KARYA SISWA
ri
Peta konsep merupakan salah satu metode pembelajarn yang bertujuan memudahkan siswa memahami materi yang disaampaikan oleh seorang guru. Peta konsep kalau boleh dikatakan merupakan ringkasan materi yang dikemas sedemikian rupa dan kreatif dengan variasi warna yang menyenangkan siapa saja untuk membacanya berulang-ulang. peta konsep berisi point-point dari materi yang dibahas.
Peta konsep amat bagus diterapkan dalam setiap pelajaran. Melalui kegiatan ini bukan hanya guru yang mengajarkan dengan peta konsep, tetapi diharapkan siswa mampu membuatnya .
Sebuah hasil yang tak terduka, siswa mampu membuat karya terbaik dan kreatif dari imajinasinya dalam membuat ringkasan materi.
Berikut ini hasil karya siswa yang bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin mencoba.
unduh1
unduh2
unduh3
unduh4
unduh5
unduh6
ADAPTASI TEKNOLOGI DI ERA PANDEMI
ADAPTASI TEKNOLOGI DI ERA PANDEMI
OLEH : SAEPUL ROCHMAN,S.Ag
Sejak pandemi
Covid-19 menyebar ke berbagai penjuru dunia, banyak hal yang berubah dari
perilaku manusia dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Penyebaran
virus corona yang diakibatkan interaksi manusia dengan yang lainnya, berdampak
kebijakan pemerintah membatasi mobilitas manusia. Kebiasaan memakai masker saat
di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun setelah aktivitas, menjaga jarak satu
sama lain, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas manusia menjadi hal
yang terus disuarakan guna menurunkan resiko terpapar virus corona .
Dampak
penerapan 5M ini tentu ada dampak negatifnya bagi masyarakat. Salah satunya
dengan adanya kebijakan pembatasan mobilitas manusia. Peraturan ini mengharuskan
manusia lebih banyak beraktivitas di rumah, bekerja dari rumah, beribadah dari
rumah . Kebijakan ini tentu tidak semua manusia bisa bekerja dari rumah,
terutama pada bidang jasa yang mengharuskan bertatap muka dengan objek atau
orang . Sebut saja para tenaga medis, TNI/ POLRI, atau orang yang bekerja
sebagai teknisi mesin otomotif. Makanya menjadi aneh dan viral saat seorang
pekerja jasa tambal ban diharuskan menutup kegiatan di tempat kerjanya dan
mengharuskan dengan sistem online. He he . aneh, kan. Namun demikian banyak juga
yang bisa beradaptasi dengan kebijakan pembatasan mobilitas ini. Sebagian mereka
masih bisa menjalankan aktivitas pekerjaannya , bekerja dari rumah. Meskipun
hasilnya tidak semaksimal seperti bekerja di kantor atau di luar rumah, tetapi
kegiatan ini diharapkan bisa menekan jumlah pasien yang terpapar covid-19.
Ada
dampak positif dari kebijakan ini sebenarnya jika kita melihat dari perspektif
pengembangan diri. Salah satunya munculnya semangat baru untuk beradaptasi
dengan teknologi yang menjadi sarana berkomunikasi dan bekerja dari rumah.
Mereka berupaya mempelajari penerapan teknologi agar tetap menjalankan
aktivitasnya . Muncullah kegiatan yang diselenggarakan secara virtual, mulai
dari rapat, mengajar dan kegiatan lainnya serba virtual. Gairah masyarakat untuk
menambah wawasan berkegiatan secara virtual ini terus meningkat. Berbagai
pelatihan pun banyak diadakan guna meningkatkan kemampuan masyarakat beradaptasi
dengan teknologi di era pandemi. Pelatihan tetap virtual tentunya
Satu harapan
kita semua , tentu pandemi cepat berlalu dan masyarakat bisa menjalankan
aktivitas normal seperti dahulu saat covid-19 belum mewabah. Namun satu hal,
kegiatan pengembangan diri dalam hal penguasaan teknologi tidak boleh berhenti
hanya sebatas adanya pandemi. Masyarakat haru melek teknologi guna bersaing di
era Industri 4.0 yang serba digital.
Demikian , semoga bermanfaat
Jakarta, 20
Juli 2021
Saepul Rochman,S.Ag Alumni Belajar Menulis Angkatan ke-9 Di bawah
bimbingan Ustadz Drs. H Ahmad Yani, Penulis lebih dari 50 judul buku
PETA KONSEP SURAT AT-TTIN HASIL KARYA SISWA
Sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras siswa dan orang tua dalam menyelesaikan tantangan BDR Agama ISlam, beberapa karya siswa kami publikasikan diblog ini dengan tujuan sebagai referensi dan inspirasi bagi siswa yang lain tentang membuat ringkasan materi menggunakan metode peta konsep.
Berikut hasil karyanya
unduh
unduh
unduh
unduh
UNDUH
UNDUHRPP PEKAN KE-2 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI 2021-2022 KD BALITBANG
Assalamu'alaikum.
Kali ini saya akan share RPP Daring pekan ke-2 Semester I Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat Sekolah Dasar. Semoga dengan RPP ini bisaa membantu para GPAI maupun siswa dalam pembelajaran daring.
Yuk, simak linknya
Kelas 1
KD 3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S. al-Fatihah
kelas 1 unduh
Kelas 2
KD 3.2 Memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas
kelas 2 unduh
Kelas 3
KD 3.1 Memahami makna Q.S. an-Nasr
unduh kelas 3
Kelas 4
KD 3.1 Memahami makna Q.S.al-Falaq dengan baik dan benar
unduh kelas 4
Kelas 5
KD 3.1 Memahami makna Q.S. at-Tīn dan dengan baik dan tartīl
kelas 5 unduh
Kelas 6
KD 3.1 Memahami makna Q.S.Al-Kafirun dengan benar
unduh kelas 6
PH1 KELAS 4 SMT 1 AGAMA ISLAM KD 3.1 SURAT ALFALAQ QUIZIZZ
Assalamu'alaikum, para pecinta dunia pendidikan. Kali ini saya akan membagikan latihan soal pendidikan agama islam kelas 4 semester 1 materi surat Al-Falaq KD 3.1 . Latihan ini berbentuk Quizizz yang tentunya lebih menarik untuk diikuti agar materi mudah didapatkan dan tetap fun.
Semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti blog ini dan berikan komentar untuk perbaikan blog ini agar lebih bagus lagi.
MAINKAN
MEDIA MENGAJAR VIRTUAL POWER POINT AGAMA ISLAM
Mengadakan proses belajar mengajar dalam situasi pandemi seperti ini tentulah membutuhkan kreativitas guru dalam mengkreasikan materi yang akan diajarkan agar menarik. Salah satu kegiatan yang harus dilakukan guru adalah kegiatan virtual melalui zoom meet, google meet dan sejanisnya. Meskipun kegiatan virtual ini tidak harus setiap hari dilakukan, karena mempertimbangkan kuota internet siswa maupun guru.
Dalam kegiatan virtual banyak media yang bisa dishare ke siswa , salah satunya materi dalam bentuk power point
Untuk membantu para guru agama Islam dalam kegiatan virtual ini, berikut ini power point yang bisa dijadikan alternatif media mengajar.
Silakan didownload dan diedit sesuai kebutuhan.
Semoga bermanfaat
kelas 3
Materi surat An-Nashr Semester 1 KD 3.1
Kelas 4
Materi surat l-falaq Semester 1 KD 3.1
unduh
kelas 5
materi surat Atttiin semester 1 KD 3.1
unduh
kelas 6
Materi surat Alkafirun semester 1 KD 3.1
unduh